Cerita Yunani: Pengalaman mengurus Visa Schengen bisnis ke kedutaan Yunani

Jalan-jalan

Bulan Februari 2019 lalu, saya berhasil mendapatkan Visa Schengen Bisnis dari kedutaan besar Yunani.

Ini adalah cerita pengalaman saya dalam mengurus visa tersebut:

1. Riset persyaratan administrasi

Untuk mendapatkan informasi persyaratan kelengkapan dokumen, saya membuka website kedutaan besar Yunani.

Berikut akan saya bagikan daftar dokumen yang saya siapkan. Perlu menjadi perhatian bahwa daftar dokumen ini berlaku saat saya mengajukan visa di Januari 2019:

  • formulir pengajuan visa. Saya mengunduh formulir pengajuan visa secara online. Contoh hasil pengisiannya bisa kita lihat pada dokumen spesimen ini;
  • paspor asli dan 1 fotokopi paspor (halaman biodata) ukuran A4. Pastikan paspor masih berlaku minimal tiga bulan sebelum tanggal perjalanan. Kemudian pastikan ada halaman kosong di paspor. Jika sudah penuh, kita perlu mempersiapkan buku paspor yang baru;
  • 1 lembar fotokopi KTP ukuran A4;
  • 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga;
  • 2 lembar pas foto ukuran 4x6cm berlatar belakang putih;
  • tiket pesawat pulang-pergi perjalanan ke Yunani. Jika tidak perlu, jangan membeli tiket pesawat sebelum mendapatkan visa di tangan;
  • asuransi perjalanan dengan perlindungan minimal 30.000 euro per orang selama perjalanan;
  • bukti reservasi akomodasi selama perjalanan;
  • bukti kondisi keuangan 3 bulan sebelum pengajuan visa. Saya mencetak rekening koran dari bank;
  • surat undangan dari kantor tempat kita bekerja atau melakukan bisnis yang berlokasi di negara-negara wilayah Schengen;
  • surat pengantar dari kantor yang ditandatangani atasan menjelaskan tujuan dan jadwal perjalanan selama di negara-negara wilayah Schengen. Surat pengantar ini harus menyatakan bahwa ada salah satu pihak atau lebih yang akan menanggung biaya perjalanan selama tinggal di negara-negara wilayah Schengen;
  • fotokopi SIUPP atau Akte Perusahaan yang dilegalisir oleh notaris, Kemenlu, dan Kemenkumham;
  • dokumen tambahan lainnya. Bisa kita unduh pada tautan dokumen pelengkap.

Untuk perubahan terkini silahkan klarifikasi dengan kantor kedutaan atau bisa juga melihat ke halaman resmi kedutaan besar Yunani.

2. Proses pengajuan Visa Schengen Bisnis

> Buat janji via telepon

Sebelum mendatangi kantor kedutaan dengan membawa persyaratan administrasi, kita perlu membuat janji jadwal bertemu dengan pihak kantor kedutaan terlebih dahulu. Saya melakukan ini dengan menelepon langsung ke kantor kedutaan.

Saran saya untuk mengajukan visa adalah sediakan waktu minimal 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan dari tiket perjalanan, sebab pembuatan visa membutuhkan waktu setidaknya 2 minggu.

> Berkunjung ke kantor kedutaan besar Yunani sesuai jadwal bertemu

Lokasi kantornya bertempat di gedung Plaza 89 lantai 12. Saat masuk ke gedung, bisa bilang ke pihak informasi kalau mau mengurus visa di kedutaan besar Yunani.

greece embassy jakarta

Ini lokasi nya dari Google Map :

> Kumpulkan informasi ke bagian adminstrasi

Saya tiba di kantor kedutaan 1 jam sebelum jadwal. Kemudian langsung mendatangi loket administrasi untuk memberikan dokumen untuk pengajuan visa.

Waktu itu petugas loket meminta saya mengurutkan dokumen sesuai dengan daftar yang dia berikan.

greece embassy jakarta

> Pengambilan data biometrik

Setelah itu, saya menunggu antrian untuk proses pengambilan data biometrik meliputi foto dan sidik jari. Perlu menjadi perhatian bahwa walaupun kita telah melampirkan foto sebagai prasyarat dokumen, kita tetap diminta untuk foto di kantor kedutaan.

Saat pengambilan data, petugas kedutaan mewawancarai saya secara singkat. Pertanyaannya seputar tentang tujuan dari perjalanan saya, kapan tanggal berangkatnya, berapa durasi tinggal, dan lain-lain.

> Selesai

Setelah pengambilan data biometrik, saya kembali lagi ke loket pengumpulan berkas untuk membayar biaya pengajuan visa.

Kemudian, petugas kedutaan memberikan bukti pembayaran dan menginformasikan saya perkiraan tanggal dari status pengajuan visa. Nantinya kita akan dikabari apabila visa kita diterima atau ditolak pihak kedutaan.

3. Pengambilan Visa Schengen Bisnis

Pada tanggal yang telah disepakati untuk pengumuman status pengajuan visa, saya menelepon kantor kedutaan terlebih dahulu. Saat itu pihak kedutaan mengabari bahwa pengajuan visa saya telah diterima (Puji Tuhan 🙂 ). Kemudian pada hari itu juga, saya bisa mengambil visa di kantor kedutaan.

Untuk pengambilan visa, kita perlu hadir langsung ke kantor kedutaan. Apabila ingin kita wakilkan, kita harus memakai surat kuasa yang dilengkapi dengan fotokopi KTP.

Berikut adalah contoh hasil Visa Schengen Bisnis:

visa sample

Sekian dulu cerita dari saya. Kalau sudah berangkat ke Yunani, titip oleh-oleh ya dari sana 🙂

Terima kasih!

Referensi:

***

Ikuti topik Cerita Yunani yang lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *