Cerita Yunani: Tips persiapan baju musim dingin

Jalan-jalan

Dalam artikel ini, saya membagikan pengalaman pribadi dalam mempersiapkan pakaian musim dingin untuk berkunjung ke kota Athena, Yunani. Saya kira pengalaman ini bisa juga berlaku secara umum di negara lain dengan 4 musim.

Sedikit gambaran, Yunani memasuki periode musim dingin dari bulan Desember hingga bulan Maret. Dalam periode ini kota Athena memiliki rentang suhu luar ruangan antara 0-4 derajat Celcius.

Berikut adalah daftar pakaian musim dingin yang saya persiapkan:

1. Long-john

Ini baju dalaman untuk menghangatkan tubuh dan menurut saya wajib untuk kita bawa.

Selama di sana, saya merasakan tubuh tetap bisa berkeringat walaupun dalam cuaca dingin. Tubuh saya yang belum terbiasa dengan suhu ekstrim membuat keringat yang keluar rasanya seperti butiran-butiran es tajam. Pori-pori kulit seperti tertusuk jarum.

Buat saya, baju long-john ini membantu memperkecil rasa tertusuk jarum saat berkeringat. Ada beberapa merk terkenal yang menjual baju ini seperti: Uniqlo dan Mark&Spencer.

Acropolis selama musim dingin

2. Jaket tahan air dan tahan angin (Jaket windbreaker)

Selama musim dingin di kota Athena, cuaca kering dan bersalju tipis bisa berubah drastis menjadi basah dan berangin.

Untuk yang punya dana terbatas, saran saya untuk membawa 1 jaket saja namun multifungsi: tahan air dan tahan angin (windbreaker). Pilih jaket yang bahan luarnya yang parasut. Bahan ini mampu menahan air sekaligus tiupan angin secara bersamaan.

Kemudian untuk bagian dalam jaket, cari yang berbahan bulu angsa atau wol. Bahan tersebut berfungsi untuk mengisolasi panas tubuh. Sebab yang menghangatkan kita sebenarnya panas tubuh kita sendiri yang tidak keluar dari pakaian kita.

Merk terkenal yang menjual jaket musim dingin yaitu: Uniqlo, Zara, Mark&Spencer, dan The North Face.

3. Sepatu boot kedap air

Melengkapi perlindungan tubuh terhadap hujan dan genangan air, saya lebih memilih untuk memakai sepatu boot yang kedap air.

Pasangan sepatu ini adalah kaus kaki berbahan wol. Karena kaus kaki wol biasanya agak tebal, pembuat sepatu boot biasanya menyediakan ukuran dengan nomor 1/2 (setengah) kali lebih besar dari ukuran kaki.

Sebagai contoh, untuk ukuran nomor kaki 11 (atau sama dengan ukuran 44 di Indonesia), maka sebaiknya kita memilih ukuran sepatu 11 1/2 (atau sama dengan ukuran 44 1/2 di Indonesia).

Merk terkenal yang menjual sepatu boot kedap air yaitu: Palladium, Timberland, dan Dr. Martens.

4. Perlengkapan hangat lain

Saya membawa Kupluk (Beanie): untuk menghangatkan kepala dan telinga; Syal (Scarf): untuk pelindung leher; Sarung tangan: untuk menghangatkan telapak tangan.

Merk terkenal yang menjual perlengkapan ini seperti: Eiger (merk lokal), UniqloZara, dan Mark&Spencer.

Bacaan tambahan

Berikut sumber inspirasi yang saya himpun selama riset persiapan untuk berkunjung ke Yunani:

Demikian tips dari saya. Selamat berkemas.

***

Ikuti topik Cerita Yunani yang lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *