Computer Vision

Informatika, Riset, Riset Informatika, Seputar Kuliah, Teknologi

Ringkasan kuliah Kapita Selekta oleh: Bapak Bedy Purnama, S.Si., MT

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi juga semakin maju. Begitu juga dengan perkembangan komputer. Saat ini komputer tidak hanya digunakan untuk melakukan perhitungan saja melainkan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan kepentingan manusia.

Salah satunya adalah untuk kebutuhan membantu penginderaan manusia seperti untuk membantu melihat, mendengar, berbicara. Untuk kuliah kapsel yang kemarin, lebih ditekankan pada kemampuan komputer untuk melihat seperti indera penglihatan manusia. Hal itu disebut Computer Vision.

Computer vision memiliki tujuan untuk membuat keputusan tentang objek fisik nyata dan lingkungannya berdasarkan apa yang ditangkap citra.

Ada 3 proses dalam Computer Vision yaitu:

  • memperoleh atau mengakuisisi citra digital,
  • melakukan teknik komputasi untuk memproses atau memodifikasi data citra, dan
  • menganalisis, menginterpretasi citra, serta menggunakan hasil pemrosesan untuk tujuan tertentu. Untuk penggunaan hasil pemrosesan ini, kita bisa ambil contoh misalnya untuk memandu robot, memantau proses manufaktur, mengontrol peralatan, dll.

Computer Vision memiliki beberapa kajian yang ditekankan. Pertama adalah Image analysis methods yaitu untuk menganalisis gambar. Kajian pertama ini terdiri dari pendeteksian edge, pendeteksian fitur, pengelompokan gambar, dan transformasi gambar.

Kedua adalah Motion dan video analysis yaitu untuk menganalisis pergerakan gambar. Kajian kedua ini terdiri dari Gesture Detection, Calibration, dan Tracking.

Ketiga adalah Methods for reconstructing three-dimensional scene information untuk memodelkan ulang suatu obyek 3 dimensi dari potongan-potongan gambar yang diperoleh.

Keempat adalah Combining real imagery with computer generated imagery yaitu melakukan penggabungan antara gambar di dunia nyata dengan gambar virtual dari komputer. Kajian keempat ini terdiri dari Virtual Reality dan Augmented Reality.

Virtual Reality yaitu menggambarkan secara virtual suatu obyek di dunia nyata, contohnya adalah gambar otak. Untuk Augmented Reality yaitu membuat suatu gambar obyek virtual yang seakan-akan ada di dunia nyata.

Manfaat dari Metode Computer Vision itu sendiri adalah untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer khususnya untuk indera penglihatan. Jika dilihat dari kehidupan nyata, Computer Vision mempunyai manfaat besar untuk bidang riset, militer, dan industri.

Manfaat di bidang riset yaitu untuk pengembangan dan penemuan teknik-teknik baru yang lebih efisien dan efektif.

Manfaat di bidang militer yaitu untuk alat-alat perang yang canggih seperti mampu membedakan antara musuh atau teman.

Manfaat di bidang industri yaitu untuk industri game dan desain grafis, industri kesehatan, dan industri hiburan.

Kesimpulan yang dapat saya tarik dari hal-hal yang dijabarkan diatas adalah melalui kajian-kajiannya, Computer Vision memiliki segudang manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat-manfaat itu dapat dirasakan hampir di segala bidang kehidupan manusia saat ini, antara lain dari bidang riset, militer, maupun dari segi industri.

Teknologi Computer Vision ini tidak akan pernah ditinggalkan oleh manusia. Hal ini karena terbatasnya kemampuan indera penglihatan manusia terhadap hal-hal tertentu yang dapat terlengkapi melalui kehadiran Computer Vision.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *