OpenCV: Instalasi OpenCV-2.4.1 pada Ubuntu 12.04 part 1

Pemrograman, Sistem Operasi, Teknologi

Sebelum melakukan instalasi, apa sih sebenarnya OpenCV itu?

Perlu diketahui bahwa OpenCV bukanlah aplikasi yang digunakan untuk membuat Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup. Kepanjangan dari OpenCV adalah Open Source Computer Vision. OpenCV ini merupakan kumpulan library (pustaka) pemrograman yang digunakan untuk implementasi dari real-time Computer Vision.

Computer Vision sendiri banyak di aplikasikan di kehidupan kita seperti deteksi obyek untuk robot-robot industri. Untuk mengetahui konsep yang lebih mendalam mengenai Computer Vision, teman-teman bisa mencari di sumber referensi lainnya.

Robot Industri

Seperti halnya memasak, Instalasi OpenCV juga memerlukan bahan baku. Alat dan bahan yang kita perlukan dapat kita peroleh dengan mengetikkan perintah :

Esential :
sudo apt-get install build-essential checkinstall cmake pkg-config yasm

Image I/O :
sudo apt-get install libtiff4-dev libjpeg-dev libjasper-dev

Video I/O :
sudo apt-get install libavcodec-dev libavformat-dev libswscale-dev libdc1394-22-dev libxine-dev libgstreamer0.10-dev libgstreamer-plugins-base0.10-dev libv4l-dev

Python :
sudo apt-get install python-dev python-numpy

Third Party Library :
sudo apt-get install libtbb-dev

GUI
sudo apt-get install libqt4-dev libgtk2.0-dev

Untuk library OpenCV-2.4.1 nya, bisa teman-teman download disini.

Oke. Cukup sekian di part 1 ini. Tidak perlu banyak-banyak dulu, kita belajar dengan santai dan menyenangkan 🙂 . Tutorial ini akan saya bagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama adalah pengenalan tentang apa itu OpenCV dan persiapan yag diperlukan. Tahap kedua adalah melakukan ekstraksi dan compile OpenCV. Tahap ketiga adalah test compile program dengan OpenCV. Tunggu tahap selanjutnya ya.

3 pemikiran pada “OpenCV: Instalasi OpenCV-2.4.1 pada Ubuntu 12.04 part 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *