OpenERP: Instalasi OpenERP 6.0.4 pada Ubuntu 12.04 part 1

Sistem Operasi, Teknologi

Apa itu OpenERP ?

OpenERP adalah sebuah perangkat lunak yang mengelola ERP (Enterprise Resource Planning) secara terintegrasi dan bersifat Open Source. OpenERP digunakan untuk memberikan solusi bisnis dalam banyak hal, baik untuk perusahaan kecil maupun perusahaan menengah dalam distribusi dan pelayanan yang mencakup area dari akunting, manajemen sumberdaya (Human Resource), manajemen pelanggan (Customer Management) dan masih banyak lagi. OpenERP yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman python dan dapat dijalankan di berbgai platform seperti Windows, Linux, Unix dan lain – lain.

Pada tutorial kali ini, akan dibagi menjadi 5 prosedur utama :

  1. Pengenalan OpenERP
  2. Instalasi PostgreSQL
  3. Instalasi OpenERP Server
  4. Instalasi OpenERP Client *
  5. Instalasi Web Client Instalation *

Prosedur 3 dan 4 sifatnya optional. Bisa diinstal salah 1 saja atau keduanya. Mengapa optional? Hal itu karena tools OpenERP Client dan OpenERP Web Client  adalah sama-sama aplikasi untuk mengakses OpenERP. Perbedaan dari keduanya adalah OpenERP Client berbasis Desktop sedangkan OpenERP Web Client berbasis web yang dibuka pada browser.

Perlu juga diingatkan disini, sistem operasi Ubuntu 12.04 memang agak rewel dalam tahap penginstallan openERP dikarenakan kita harus melakukan penginstallan software dependency terlebih dahulu. Untuk mengakali rewelnya ubuntu, tips dari saya adalah lakukan eksekusi perintah terlebih dahulu. Software dependency dapat ditemukan dari pesan eror yang dihasilkan 🙂 .

Oke. Cukup sekian pengenalan OpenERP nya. Penjelasan selengkapnya mengenai apa itu OpenERP bisa teman-teman temukan disini. Tetap semangat dan Sampai jumpa di prosedur instalasi selanjutnya.

5 pemikiran pada “OpenERP: Instalasi OpenERP 6.0.4 pada Ubuntu 12.04 part 1

    1. Hai Cris..
      Actually, I’m using Indonesian Languange. It’s one of the top 10 languange in wordpress.

      Maybe next time, I’ll post the tutorial in english 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *