Terinspirasi oleh Penulisan

Riset, Riset Informatika, Seputar Kuliah

Ringkasan kuliah Studium Generale oleh: Feri Sulianta.

Buku adalah jendela dunia. Melalui buku, kita dapat berbagi berbagai macam keilmuan dan informasi. Ada begitu banyak buku di dunia ini untuk dibaca, tetapi hanya segelintir orang yang ingin menulisnya.

Banyak orang yang berpikir bahwa menulis buku itu susah, apalagi jika berurusan dengan penerbit. Padahal, apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, percaya diri, dan ditambah menggunakan teknik-teknik tertentu menulis buku bukanlah hal yang rumit.

Langkah pertama dalam memulai menulis buku yang pertama adalah mengenal penerbit. Untuk mengirimkan naskah tulisan, kita bisa menyerahkannya langsung ke penerbit ataupun melalui suatu event tertentu yang diadakan oleh para penerbit.

Kemudian tim penerbit akan menyeleksi berdasarkan konten dan daya saing pasar dan jika naskah kita diterima maka akan dievaluasi dan diperbaiki sesuai dengan standar masing-masing penerbit.

Jika naskah kita ditolak oleh 1 penerbit, maka jangan berkecil hati dahulu. Kita dapat memberikan naskah kita ke penerbit yang lain karena untuk sekarang ini, persaingan antar penerbit begitu ketat, sehingga bisa saja naskah kita belum sesuai standar di 1 penerbit, tetapi di penerbit lain naskah kita akan diterima.

Langkah yang kedua adalah memulai tahapan menulis buku. Tahapan-tahapan tersebut antara lain adalah menetapkan tema global, memahami pasar, mendesain buku, dan kemudian merencanakan marketing.

Langkah ketiga adalah teknik mendapatkan ide dalam menulis. Teknik tersebut antara lain:

1. Metode mind mapping

yaitu memodelkan setiap ide yang muncul kemudian mengambil sebagian ide-ide tersebut sehingga menjadi 1 ide mutlak.

2. Metode modifikasi kata kunci

yaitu mencari ide dari mengubah, mengurangi, atau menambah kata kunci dari judul-judul buku yang telah ada.

3. Metode kombinasi kata kunci

yaitu menetapkan produk apa yang akan kita buat dan membuat daftar kata kunci yang berhubungan dengan produk tersebut.

4. Metode back and forward

yaitu lebih mengkhususkan atau men-generalkan suatu topik yang ada.

5. Metode random noun

yaitu memilih suatu kata benda secara acak, kemudian membuat daftar karakteristik dari benda itu, serta membuat hubungan antara setiap karakteristik dengan tantangan yang dihadapi.

Melalui kuliah SG kali ini, saya mendapat pengetahuan bahwa menulis buku itu banyak manfaatnya.

Pertama adalah menulis buku ternyata membantu kita untuk mendalami  suatu topik sehingga selain membagi ilmu, kita juga mendapat ilmu.

Kedua adalah menulis buku bisa dijadikan sebagai salah satu media promosi dari keterampilan kita agar kita lebih dikenal orang lain.

Ketiga adalah royalti dari menulis buku dapat dijadikan suatu investasi yang menjanjikan.

Terakhir adalah sesuai dengan judul perkuliahannya “Terinspirasi oleh Penulisan”, saya benar-benar mendapat inspirasi untuk memulai menulis buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *