Tips dan Trik berinternetan aman selama di Warnet

Teknologi

1.  Selalu ingat untuk sign out atau log out untuk segala aktivitas yang membutuhkan akun

Hal pertama dan yang sering diremehkan sebagian orang pengguna jasa warnet adalah langsung menutup jendela browser sebelum melakukan proses “keluar” dari beberapa akun-akun penting seperti email, twitter, facebook atau akun-akun lainnya yang memerlukan proses “keluar”.

Alhasil ya orang lain bisa semena-mena dengan profil anda. Jangan menyesal dan meraung-raung kalau ada pengguna yang mengobrak-abrik akun anda padahal karena itu kesalahan anda sendiri.

2. Jangan menyimpan password anda di Browser

Mirip dengan kasus pertama. Perhatikan dan baca setiap pemberitahuan yang browser berikan kepada anda. Jangan asal Yes saja, karena bisa jadi password anda malah tersimpan di browser. Alhasil, pengguna warnet lain bisa menggunakan akun anda.

3. Jangan tinggalkan dokumen penting anda di komputer warnet

Lakukan akses untuk dokumen penting langsung dari media penyimpanan data anda seperti Flashdisk atau Harddisk Eksternal.

4. Jangan melakukan transaksi internet banking atau transaksi keuangan lainnya lewat warnet

Tidak ada jaminan komputer warnet yang anda gunakan bebas dari keylogger yang akan merekam semua input karakter anda, termasuk password!

5.  JANGAN AKSES KONTEN-KONTEN DEWASA

Selain berdosa, juga biasanya situs-situs tersebut banyak diboncengi oleh virus-virus komputer yang nakal.

Lagipula sebenarnya apa yang anda lakukan pada komputer semuanya bisa dipantau  sama operator warnet.

Jadi, apa gak malu sama operator warnetnya kalo ketauan buka bokep?

6. Bersihkan cookies dan semua history  yang ada di browser sebelum pulang

Tujuannya sama dengan poin nomor #1 di atas.

7. Sebaiknya anda punya warnet langganan yang terpercaya

Kalo perlu kenalan sama operatornya, jadi kalo ada apa-apa atau ada barang-barang anda yang ketinggalan gak berbelit urusannya.

8. Setelah mencolok Flashdisk atau Harddisk eksternal di komputer sendiri, jangan lupa scan dulu sebelum akses data-datanya

Barangkali aja komputer warnet yang bersangkutan adalah peternakan virus komputer. Seperti ada pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka untuk kasus ini lebih baik scan dulu media penyimpanannya daripada harus repot untuk berurusan dengan kenakalan virus komputer.

Tambahan untuk pengguna Laptop yang nge-net di warnet:

Lakukan updateantivirus terlebih dahulu sebelum melakukan penjelajahan di internet. Supaya antivirus-nya “lebih pintar” dalam mengenali serangan-serangan virus jaringan. Saran saya, cari dan pakai saja antivirus yang gratis seperti AVG, Avast, atau yang lainnya.

Sumber referensi:

  • Pengalaman
  • Berbagai sumber di Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *